Minggu, 04 Oktober 2009

Api di Bukit Menoreh

Lagi goggling cari bahan buat tulisan, eh, ada entry yang nyasar. Sepertinya familiar dengan gambar yang muncul. Oalah dalah... ternyata itu gambar sampulnya buku Api di Bukit Menoreh jilid satu. Iiih... kangennya! (berlebihan)

Lupa kapan pertama kali baca serial terbitan Kedaulatan Rakyat dari Yogyakarta itu, yang jelas waktu itu masih SD. Buku hibah dari atasan Bapak. Beliau kasihan melihat anak bawahannya yang gak bisa duduk diam dan terus mengganggu kerja bapaknya. Berhubung buku-bukunya Enid Blyton sudah dikhatamkan, maka beralihlah ke buku karangannya Pak S.H. Mintardja ini. Awalnya cuma tertarik dengan gambarnya. Khas Indonesia banget. Gak kalah sama jagoannya komik Marvel... (dulu... hehehe). Baru tahu dari blog yang diketemukan kemarin kalau yang menggambar ilustrasinya bernama Sudyono. Oia, nama blognya: adbmcadangan.wordpress.com

Garis besar jalan ceritanya tentang perebutan kekuasaan dari Sunan Prawata (anak Trenggono) dengan Arya Panangsang. Kejayaan Pajang dari Jipang tidak bertahan lama, karena muncul Mataram sebagai kekuatan baru. Walaupun porsi fiksinya lebih banyak dari sejarahnya tapi tetap banyak informasi yang bisa nambah pengetahuan. Buku ini juga mengajak mengenal latar tempat peristiwa-peristiwa yang terjadi, seperti Kali Opak, Gunung Merapi, dan lain sebagainya.

Ceritanya sendiri panjaaang banget, sampai keruntuhan Mataram itu sendiri. Akhir ceritanya sendiri setahu saya belum ada karena Pak S.H. keburu dipanggil Yang Maha Kuasa. Tokohnya juga banyak banget, dari yang fiktif seperti Agung Sedayu dan keluarganya, sampai tokoh sejarah nyata seperti Panembahan Senopati. Pokoknya novel sejarah nih te-o-pe deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

share it

Ada kesalahan di dalam gadget ini